Kembali Jabat Gubernur, Sri Sultan Ingin Kembangkan Potensi Bahari DIY

3670927151Pengembangan Wisata Bahari – Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dalam lima tahun ke depan, ia akan membawa Daerah Istimewa Yogyakarta untuk lebih fokus dalam pengembangan potensi bahari. Hal ini disampaikan Sri Sultan usai dilantik kembali sebagai Gubernur DIY oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/10/2017). Sri Sultan mengatakan, meski penetapan dirinya sebagai Gubernur dilakukan secara otomatis sesuai dengan UU Keistimewaan DIY, namun dirinya tetap memaparkan visi dan misi dihadapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Visi untuk membawa Yogyakarta lebih fokus pada pengembangan potensi bahari ini pun sudah disampaikan di hadapan DPRD.”Bahwa Yogya ini sekarang pintunya menghadap ke selatan dalam arti memprioritaskan Samudera Indonesia, Samudera Hindia, bisa menjadi kekuatan baru bagi masayrakat Yogya,” kata Sri Sultan Sultan menambahkan, salah satu alasan pengembangan potensi bahari ini adalah karena Yogyakarta memiliki lahan atau tanah yang semakin terbatas. Sudah tidak mungkin untuk terus menggarap sektor pertanian.

“Jadi kekuatan baru kami mencoba pantai selatan, jadi kekuatan baru. Jadi sesuai dengan strategi maritim kita garap pengembangan bahari,” kata dia.

Sri Sultan mengatakan, dalam waktu paling lambat dua minggu ke depan, ia bersama wakilnya Paku Alam X akan kembali mengungkapkan visi misi selama lima tahun ini di hadapan rakyat Yogyakarta dalam sidang DPRD DIY.

“Bagi saya tidak sekedar fasilitasi pendaratan kapal, pengadaan kapal, tapi bagaimana masyrakat Yogya bisa berbudaya maritim,” ucap Sultan.

“Karena negara kita diseatukan lautan, jadi budaya maritim itu yang sudah ada sebagai dasar filosofi atau budaya masyrakat di Jawa itu saya kira itu perlu dibangkitkan kembali,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ six = 14