Tumbuhkan Jiwa Bahari, KRI Jadi Tren Wisata Edukasi

pelni 1pengembangan wisata bahari – Keberadaan Kapal perang yang merupakan simbol eksistensi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, kini menjadi salah satu tujuan wisata edukasi bagi sekolah-sekolah baik Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama serta Menengah Atas. Contohnya, Taman Kanak Kanak Islam Terpadu Al Muttaqin berkunjung ke KRI Bintuni 520 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (26/9). TK IT Al Muttaqin yang beralamat di Kedaung, Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat ini membawa para siswa-siswinya untuk mengunjungi kapal perang milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).Sebanyak 65 siswa-siswi TK ini didampingi 5 guru. Mereka sengaja datang untuk melihat Kapal perang Republik Indonesia TNI AL yang berada di dermaga Kolinlamil Tanjung Priok.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan mereka tentang kapal perang milik Indonesia. Selain juga untuk memberikan wawasan kebaharian dan kemaritiman bagi para siswa-siswi bahwa nenek moyang kita adalah pelaut yang mampu menjelajah lautan sampai ke luar wilayah nusantara.

Para siswa Taman Kanak Kanak ini mengaku senang dengan kunjungannya ke kapal perang TNI AL dan mereka mengatakan kalau kapal yang dikunjunginya seperti dalam film.

“Aku senang bisa naik kapal, kapalnya besar seperti di film,” katanya dengan lugu.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK IT Al Muttaqin yang memimpin langsung rombongannya menjelaskan bahwa kunjungan sekolahnya ke kapal perang merupakan bagian dari kurikulum yang telah disusun dalam rencana kegiatan belajar siswa.

“Kegiatan ini sudah menjadi bagian dari kurikulum sekolah yaitu wisata edukasi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 × two =